Tugas-3 PPB

Nama : Layyinatul Fuadah

NRP    : 5025211207

Kelas  : Pemrograman Perangkat Bergerak (B)


Komponen Button - Dice Roller App


Dice Roller adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk melempar dadu secara virtual. Dalam aplikasi ini, pengguna biasanya melihat gambar dadu dan sebuah tombol yang mereka bisa tekan untuk menghasilkan angka acak yang mewakili hasil lemparan dadu. Tujuan utama Dice Roller adalah untuk memberikan pengalaman yang mirip dengan melempar dadu fisik, tetapi dalam format digital. Berikut merupakan langkah-langkah penerapan pembuatan aplikasi Dice Roller 

1. Menetapkan dasar pengukuran

Membuat project

  1. Di Android Studio, klik File > New > New Project.
  2. Dalam dialog New Project, pilih Empty Activity, lalu klik Next
  3. Di kolom Name, masukkan Dice Roller.
  4. Di kolom Minimum SDK, pilih API level minimum 24 (Nougat) dari menu, lalu klik Finish


2. Mengimpor resource Drawable di Android Studio

  1. Buka Android Studio dan buka jendela "Project" untuk menavigasi ke proyek Anda.
  2. Di dalam jendela "Project", cari dan buka direktori "res".
  3. Di dalam direktori "res", cari dan buka direktori "drawable".
  4. Klik kanan pada direktori "drawable" dan pilih opsi "Reveal in Explorer" (untuk Windows) atau "Reveal in Finder" (untuk MacOS).
  5. Ini akan membuka jendela penjelajah file di lokasi direktori "drawable" dalam sistem file Anda.
  6. Salin gambar atau file gambar yang ingin Anda impor ke dalam direktori "drawable".


3. Berikut langkah-langkah singkat untuk memodifikasi file MainActivity.kt di Android Studio:

  1. Buka Android Studio dan proyek yang ingin Anda modifikasi.
  2. Temukan dan buka file MainActivity.kt dalam struktur proyek Anda.
  3. Lakukan modifikasi yang diperlukan pada file MainActivity.kt sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti menambahkan kode baru, memperbaiki kesalahan, atau mengubah logika program.
  4. Setelah selesai memodifikasi file, pastikan untuk menyimpan perubahan yang telah Anda buat.
4. Berikut langkah-langkah singkat untuk memodifikasi file strings.xml di Android Studio:

  1. Buka Android Studio dan proyek yang ingin Anda modifikasi.
  2. Temukan dan buka file strings.xml di dalam direktori res/values/ dari struktur proyek Anda.
  3. Di dalam file strings.xml, cari dan modifikasi teks atau string yang diperlukan di dalam elemen <string> sesuai dengan kebutuhan Anda.
  4. Setelah selesai memodifikasi file, pastikan untuk menyimpan perubahan yang telah Anda buat.

Berikut Merupakan Tampilannya : 



Github : https://github.com/ayyfuadh/PPB-B/tree/main/DiceRoller




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas-8 PPB